Wisata Lawang Sewu Part II


Eniwei , dua orang satu senter . senter I dipegang sama partner hidup gue (amiin) . dan senter II dipegang sama awak kapal gue yang cewe . (apa yang cowo yak ?) oke , gue masuk ke dalam masih sama awak kapal gue . jadi total kita ber-lima . 2 cewe , 2 cowo , 1 guide cowo . dan mungkin ini cuma perasaan gue aja , kayanya , gue sama temen cewe gue LEBIH TANGGUH daripada cowo-cowo . otomatis bukan sang hyang guide gue lah !
Gue liat tuh tangga buat turun ke bawah , dalem ati gue bilang , “oohh . jadi ini nih yang sering ada di pilem-pilem setan !” . setelah turun tangga , gue baru tau jawaban kenapa kita musti make sepatu boots bukan sepatu pesta ato sandal bakiak . yap ! becek . berair . berasa lewat gorong-gorong beratap . dan lagi-lagi astaghfirullaaaahhh . . sumpah panas abis ! sempet gue ngerasa berat buat jalan . tapi ya masa bodo deh ama yang ngeganggu . gitu masuk ke bawah , ada wisatawan juga , pada duduk-duduk di saluran air . pasukan gue langsung aja cabut tanpa ngikut duduk-duduk apalagi sambil ngopi . beuh ! and you know what , sepanjang perjalanan di bawah tanah , hamper semua pribumi disitu ngeliatin gue (ato gue yang kegeeran ?) . yang jelas , pada ngeliatin pasukan gue . astagaa . . mending kalo yang ngeliatin cakep , kulitnya putih mulus , badannya six pack , matanya belo . lah ini ? dari yang matanya cuma satu , sampe yang bedarah-darah juga ada . lo mau bentuk yang kaya apaaa aja pasti ada deh ! komplit ! mungkin menurut para pribumi terhormat itu , gue + pasukan gue adalah lumba-lumba sirkus yang pas mantap buat diliat . sedangkan di mata kita para wisatawan asing yang gegap gempita ini , para pribumi itu adalah singa sirkus yang jadi tujuan utama kita kesana . oke , jadi sebenernya siapa yang binatang sirkus ?
Gue sama partner hidup gue jalan di belakang sang guide . sedangkan 2 awak kapal gue yang lain jalan di belakang kita berdua . jadi kita ngelewatin berbagai macam penjara . ada penjara jongkok , penjara berdiri , trus apa lagi ya ? penjara jongkok itu bentuknya kaya kotak-kotak bak mandi setinggi mungkin 1,5 meter , panjang kurang dari 2 meter , lebarnya juga kira-kira segitu juga . jadi jaman dulu itu , tiap kotak diisi 6 orang-an , yang pada jongkok disitu terus atasnya ditutup penutup besi . nah , itu dia penjara jongkok . kalo penjara berdiri , menurut gue mirip sama WC umum buat cowo , tapi terdiri dari berbilik-bilik . satu bilik kira-kira diisi sama 6 orang lebih . jadi bisa dibayangin pada desek-desekan gitu . kegencet satu sama lain . ada juga ruangan buat menggal kepala . buat masuk ke dalamnya , kita musti masuk ke dalam sebuah pintu di ruang pojok yang menurut gue kaya jendela . tingginya ga sampe satu meter . di ruangan buat menggal mayat itu dulunya ada meja besi , bekas kaki-kaki meja masih ada , yang buat menggal kepala . terus mayat-mayatnya ditumpuk di tempat kaya bak mandi di sebelah itu meja . yaa , gitu kira-kira .
FYI , ruang bawah tanah itu dulu dipake sama kompeni buat saluran air biar ga banjir . (seinget gue itu yang dibilang mas guide)
Nah , apa aja penampakan disana ? sebenernya gue bukan orang berbakat yang bisa liat dengan jelas makhluk-makhluk kaya gitu . gue cuma bisa merasakan dan sering-sering ngeliat . jadi ga semua bisa gue liat . kebanyakan sih yang gue liat disana ga senyata manusia . jadi masih agak kebayang-bayang . yaaa dari awal banyak yang gue liat , cuma , gue kira gue cuma hasulisani alias halusinasi . tapi beruntung , mas-mas guide’nya ngebantu ngecocokin apa yang gue liat sama yang dia liat . mungkin beliau tau apa yang gue rasain , dimana gue ngerasa bingung sama apa yang gue liat .
Jadi di bawah tanah yang superduper spooky itu , banyaaaakk banget yang eksis . selama jalan di lorong , gue jalan di sebelah kirinya partner gue . dan sebelah kiri gue itu ada pintu-pintu penjara-penjara bawah tanah . can u imagine that ? eniwei , gue beneran ga mau partner gue digodain sama setan-setan di samping dia . karna lo tau , emang banyak banget . dari yang tatapannya serem-serem-ganas , sampe yang tatapannya nanar-nanar-melas . dari yang cewe sampe yang ga jelas . banyak ada di sepanjang jalan . di pojokan juga buanyak banget . ada setan tradisional indonesia : cewe rambut panjang baju putih . sampe setan modern yang bawa senjata . komplit dah ! sesuatu yang sempet bikin gue kaget adalah sosok kakek-kakek yang ada di pojok lorong . gue kaget aja waktu itu . sampe mas-mas guide bilang “gak pa-pa ko mba . ga ganggu .” iya gue tau dia kaga ngeganggu , tapi ya jangan bikin kaget ah . awalnya gue ga jelas itu sosok apa , sampe si mas-mas bilang itu kakek-kakek . dan waktu kita ngedeket ternyata emang iya . hahaha .
Di penjara jongkok , ada banyaaaaakkk banget . tapi yaa standar lah . cuma banyak variasinya . abis itu kita naik lagi ke atas . wow-wow-wow ! hahaha . hebat banget deh wisata gue itu . begitu keluar sama guide gue yang pertama tadi , di bawah pohon gede , gue liat ada yang bercahaya , biru-biru , giliran gue mau nanya , tapi ga tau kenapa , rasanya maleeeesss aja nanyanya . dan awak kapal gue ga nyadar ada yang begituan . ato sebenernya mereka juga ngerasain yang gue rasain yak ? abis itu , yaaa namanya juga narsis . poto-poto deh kita . ditinggalin tuh sama si guide . hadoh . abis poto-poto disitu , kita ber-empat ngebasuh tangan , kaki , muka , tengkuk , pake air lawang sewu . gue kira ada di tempat khusus tuh air . terus disuci-suciin gitu . eh ternyata , air lawang sewu = air di kamar mandi lawang sewu . yaahh apapun itu , katanya sih biar kita ga diikutin sama pribumi lawang sewu . dan yang g ague suka , ada yang ngintipin gue ! ! huhh ! sebel . hahaha . uda jelas yang ngintip yaa “pribumi” lawang sewu . malay kan ? mending ganteng . hahahahaha😀
Ada satu penghuni yang gue liat secara nyata senyata-nyatanya . bener-bener ngerasa ngeliat manusia . sampe sekaramg gue masih inget banget bentuknya . tapi sayang gue ga inget mukanya , orang dia kaga punya kepala , apalagi muka ! itu satu-satunya setan yang menurut gue kasian banget . mau nakutin ko kayanya nanggung banget bentuknya , mau ngelucu tapi ko ga lucu . ya , yang gue liat itu hantu kepala buntung . pake baju prajurit jepang deh kayanya . ijo-ijo lumut-tosca-apalah itu . tanpa kepala . ada yang bawa senjata , ada yang cuma pake tali itemnya senjata nyilang di dada . jelaass banget . hahahaha😀
Yah , that was my very wonderful night . malem minggu paling seru deh kayanya . seru-seruan bareng sama temen , temen dari dimensi yang lain . hahahaha😀
Try this guys !

Last , ask : gimana sih perasaan setan kalo tau kita bisa ngerasain dan bahkan ngeliat mereka ?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

